Banyak wanita mengalaminya & juga horor menghadapinya: PMS alias Premenstruasi sindrom.
Parah atau tidaknya PMS ternyata tergantung dari individu masing-masing & bagaimana hal tersebut "diijinkan" oleh pikiran untuk "mengganggu" kita. Tapi hanya sedikit yang tahu PMS disebabkan karena turunnya produksi hormon serotonin, yaitu hormon yg menibulkan rasa bahagia. Jika Serotonin berkurang otomatis mood jadi berantakan & tubuh juga akan ikut "depresi".
 
Untuk mengatasi PMS kita hanya perlu melakukan kegiatan seperti saat mengatasi stress & depresi, apa saja? Ini listnya: 
1. Basis dari hormon kewanitaan adalah kolestrol, jadi untuk mengatasi PMS perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan kolestrol seperti telur/udang.
2. Selain itu, makanan yang mengandung isoflavon seperti produk dari kedelai juga membantu menyeimbangkan produksi hormon.
3. Saat PMS kita merasa lebih sensitif, tidak nyaman dengan tubuh kita, atasi dengan memanjakan diri dengan massage, spa atau aroma terapi.
4. Banyak bergerak & olahraga juga dapat membantu mengurangi & mengatasi keluhan saat PMS, karena saat aktif bergerak tubuh memproduksi hormon testoteron yg akan mengimbangi defisit estrogen & progesteron.5. Saat PMS tubuh juga butuh cairan lebih
banyak. Jadi minum yang cukup, terutama air & teh herbal.
6. Hindari konsumsi karbohidrat terlalu banyak saat PMS karena dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Sumber : www.MyPourvous.com Bookmark and Share

0 komentar: